Arena Sahabat

Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Etika Pergaulan Remaja Muslim dan Muslimah

Remaja muslim atau muslimah adalah satu identitas yang melekat pada seseorang yang berusia menginjak dewasa menuju kematangan yang selalu mencari jati diri yang sebenarnya. Pergaulan remaja umumnya selalu mencari dan menemukan sesuatu yang baru. Di masa itu saat dimana secara fisik tumbuh pada dirinya sesuatu yang asalnya belum ada, hormon biologis; seperti jangut, suara, fisik, dan anggota badan lainnya mengalami perubahan.

Seorang remaja muslim ataupun muslimah selayaknya menjadikan masa tersebut sebagai usia keemasan “Golden Age”, dimana potensi diri manusia (fitrah) yang telah dianugrahkan oleh Allah SWT harus dioptimalkan dengan baik sebagai bentuk "Syukur". Tiga potensi utama tersebut adalah : Pendengaran, Penglihatan dan Hati (akal dan fikiran).

Karakter seorang remaja memang tidak bisa dan tidak akan seragam, apalagi remaja yang hidup di pergaulan luar selalu mendapat tanggapan yang beraneka ragam. Sayangnya, sekarang ini kesan yang ada dalam benak masyarakat justru cenderung kebanyakan negatif. Dimulai dari perkelahian antar pelajar, pornografi, kebut-kebutan, tindakan kriminal seperti pencurian dan perampasan barang orang lain, pengedaran dan pesta obat-obat terlarang, bahkan yang sekarang lagi heboh adalah dampak pergaulan bebas yang semakin mengkhawatirkan.

Media informasi dan Komunikasi di zaman sekarang ini semakin merambah dengan cepat. Maraknya kemaksiatan yang bersifat tontonan seperti film porno, foto-foto dewasa di Internet sudah tidak bisa tertahan lagi. Sampai sumber kemaksiatan tersebut ada di setiap tempat, belum lagi media cetak yang demikian bebas mengumbar informasi sensual dan kemesuman

Satu masalah yang perlu mendapat perhatian serius adalah bebasnya hubungan antar jenis diantara pemuda yang nantinya menjadi tonggak pembaharuan. Islam sangat memperhatikan masalah ini dan banyak memberikan rambu-rambu untuk bisa berhati-hati dalam melewati masa muda. Suatu masa yang akan ditanya Allah di hari kiamat diantara empat masa kehidupan di dunia ini.

Islam telah mengatur etika pergaulan remaja muslim dan muslimah. Perilaku tersebut merupakan batasan-batasan yang dilandasi nilai-nilai agama. Oleh karena itu perilaku tersebut harus diperhatikan, dipelihara, dan dilaksanakan oleh para remaja. Perilaku yang menjadi batasan dalam pergaulan adalah :

1. Menutup Aurat
Islam telah mewajibkan laki-laki dan perempuan untuk menutup aurat demi menjaga kehormatan diri dan kebersihan hati. Aurot merupakan anggota tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh diperlihatkan kepada orang yang bukan mahramnya terutama kepada lawan jenis agar tidak boleh kepada jenis agar tidak membangkitkan nafsu birahi serta menimbulkan fitnah.
Aurat laki-laki yaitu anggota tubuh antara pusar dan lutut sedangkan aurat bagi wanita yaitu seluruh anggota tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan.
Di samping aurat, Pakaian yang di kenakan tidak boleh ketat sehingga memperhatikan lekuk anggota tubuh, dan juga tidak boleh transparan atau tipis sehingga tembus pandang.

2. Menjauhi perbuatan zinaPergaulan antara laki-laki dengan perempuan di perbolehkan sampai pada batas tidak membuka peluang terjadinya perbuatan dosa. Islam adalah agama yang menjaga kesucian, pergaulan di dalam islam adalah pergaulan yang dilandasi oleh nilai-nilai kesucian. Dalam pergaulan dengan lawan jenis harus dijaga jarak sehingga tidak ada kesempatan terjadinya kejahatan seksual yang pada gilirannya akan merusak bagi pelaku maupun bagi masyarakat umum. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman dalam Surat Al-Isra’ ayat 32:

ولا تقربوا الزنى إنه كان فحشة وساء سبيلا
“Dan janganlah kamu mendekati zina, Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk”
Beberapa konsep dasar dalam Islam yang secara langsung atau tidak, ada kaitannya dengan pergaulan. Beberapa konsep tersebut adalah sebagai berikut:
Laki-laki tidak boleh berdua-duaan dengan perempuan yang bukan mahramnya. Jika laki-laki dan perempuan di tempat sepi maka yang ketiga adalah syetan, mula-mula saling berpandangan, lalu berpegangan, dan akhirnya menjurus pada perzinaan, itu semua adalah bujuk rayu syetan.
Laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim tidak boleh bersentuhan secara fisik. Saling bersentuhan yang dilarang dalam islam adalah sentuhan yang disengaja dan disertai nafsu birahi.

3. Menundukkan pandangan, tidak melihat aurat orang lain, dan memelihara kemaluan dari berzina 
(lihat QS. An‑Nuur 30).
قل للمؤمنين يغضوا من أبصارهم ويحعظوا فروجهم ذلك أزكى لهم إن الله خبير بما يصنعون
4. Baik laki-laki maupun wanita harus betul-betul bertaqwa kepada Allah SWT (lihat QS. An‑Nisa 9 dan Al‑Ahzab 55).
فليتقوا الله وليقولوا قولا سديدا
واتقين الله إن الله كان على كل شيء شهيد

5. Menjauhkan diri dari tempat-tempat yang syubhat (yang meragukan status hukumnya), agar tidak jatuh dalam kemaksiyatan, seperti tercantum dalam banyak hadits.

Untuk mereka yang belum sanggup nikah harus selalu memelihara diri dari perbuatan dosa (lihat QS. An‑Nuur 33).
وليستعفف الذين لا يجدون نكاحا حتى يغنيهم الله من فضله

6. Tidak melakukan Khalwat, yaitu bersepi-sepian (berduaan saja) antara seorang laki-laki dan seorang wanita. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad “Tidak boleh seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang wanita, kecuali disertai muhrim si wanita itu !”.

من كان يؤمن بالله واليوم الأخر فلا يخلون بامراة ليس معها ذو محرم منها فإن ثالثهما الشيطان -رواه أحمد-
7. Tidak mendekati zina (lihat QS. Al‑Isra 32).
ولا تقربوا الزنى إنه كان فحشة وساء سبيلا
Ibnu Katsir dalam tafsirnya menyebutkan bahwa ayat ini merupakan larangan Allah SWT pada hamba‑Nya dari melakukan zina, hal-hal yang mendekatkan pada zina, melakukan perbuatan pendahuluan zina dan propaganda untuk berzina (Tafsir Ibnu Katsir, III, hal. 50). Larangan ini berarti mencakup larangan saling berpandangan dengan syahwat, berduaan, bergandengan tangan, mencium, mojok, dan saling merayu antara lain jenis yang bukan suami istri.

8. Tidak bersuara mendesah yang merangsang (lihat QS. Al‑Ahzab 32).
يا نساء النبى لستن كأحد من النساء إن اتقيتن, فلا تخضعن بالقول فيطمع الذين فى قلبه مرض وقلن قولا معروفا

9. Islam membolehkan laki-laki dan wanita bukan muhrim (orang yang haram dikawini) berkumpul dan berinteraksi di tempat-tempat umum, seperti jalan, masjid, kebun-kebun umum (tempat rekreasi) dan lain-lain untuk tujuan yang diperbolehkan syara’ dan memang memerlukan interaksi, misalnya shalat berjama’ah (di masjid), menunaikan ibadah haji dan sebagainya. Sedangkan di tempat-tempat khusus, seperti rumah pribadi, mobil pribadi dan lain-lain Islam mengharamkan.

Tata Cara Pergaulan Remaja
Semua agama dan tradisi telah mengatur tata cara pergaulan remaja. Ajaran islam sebagai pedoman hidup umatnya, juga telah mengatur tata cara pergaulan remaja yang dilandasi nilai-nilai agama. Tata cara itu meliputi :

a. Mengucapkan Salam
Ucapan salam ketika bertemu dengan teman atau orang lain sesama muslim, ucapan salam adalah do’a. Berarti dengan ucapan salam kita telah mendoakan teman tersebut.

b. Meminta Izin
Meminta izin di sini dalam artian kita tidak boleh meremehkan hak-hak atau milik teman apabila kita hendak menggunakan barang milik teman maka kita harus meminta izin terlebih dahulu

c. Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
Remaja sebagai orang yang lebih muda sebaiknya menghormati yang lebih tua dan mengambil pelajaran dari hidup mereka. Selain itu, remaja juga harus menyayangi kepada adik yang lebih muda darinya, dan yang paling penting adalah memberikan tuntunan dan bimbingan kepada mereka ke jalan yang benar dan penuh kasih sayang.

d. Bersikap santun dan tidak sombong
Dalam bergaul, penekanan perilaku yang baik sangat ditekankan agar teman bisa merasa nyaman berteman dengan kita. Kemudian sikap dasar remaja yang biasanya ingin terlihat lebih dari temannya sungguh tidak diterapkan dalam islam bahkan sombong merupakan sifat tercela yang dibenci Allah.

e. Berbicara dengan perkataan yang sopan
Islam mengajarkan bahwa bila kita berkata, utamakanlah perkataan yang bermanfaat, dengan suara yang lembut, dengan gaya yang wajar .

f. Tidak boleh saling menghina
Menghina / mengumpat hukumnya dilarang dalam islam sehingga dalam pergaulan sebaiknya hindari saling menghina di antara teman.

g. Tak boleh saling membenci dan iri hati
Rasa iri akan berdampak dapat berkembang menjadi kebencian yang pada akhirnya mengakibatkan putusnya hubungan baik di antara teman. Iri hati merupakan penyakit hati yang membuat hati kita dapat merasakan ketenangan serta merupakan sifat tercela baik di hadapan Allah dan manusia.

h. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
Masa remaja sebaiknya dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat remaja harus membagi waktunya efisien mungkin, dengan cara membagi waktu menjadi 3 bagian yaitu : sepertiga untuk beribadah kepada Allah, sepertiga untuk dirinya dan sepertiga lagi untuk orang lain.

i. Mengajak untuk berbuat kebaikan
Orang yang memberi petunjuk kepada teman ke jalan yang benar akan mendapatkan pahala seperti teman yang melakukan kebaikan itu, dan ajakan untuk berbuat kebajikan merupakan suatu bentuk kasih sayang terhadap teman.

Demikian beberapa tata cara pergaulan remaja yang dilandasi nilai-nilai moral dan ajaran islam. Tata cara tersebut hendaknya dijadikan pedoman bagi remaja dalam bergaul dengan teman-temannya.Mudah-mudahan ini bisa kita jadikan renungan atau muhasabah.

Disampaikan dalam acara TOP (Ta'aruf dan Orientasi Pesantren) di Pesantren Persis Benda. Jul 2013

Kamus Bahasa Gaul dan Alay Terbaru 2014

Kamus Bahasa Gaul dan Alay Terbaru tahun 2014 - Selamat datang di situs arena sahabat. Seiring berjalannya waktu, pergaulan komunikasi remaja dan anak muda zaman sekarang ini yang ditopang dengan berbagai media menghasilkan istilah, kamus bahasa gaul dan kata-kata gaul dan kata alay. Terkadang bahasa mereka menjadi rancu tetapi buat mereka anak muda dan para remaja menjadi trend tersendiri.

Penjelasan tentang istilah Kamus gaul - Perlu diketahui pada dasarnya Kata-kata gaul itu muncul terkadang tidak disengaja sebelumnya, bahkan bisa saja mungkin karena keceplosan dan pendengar merasa itu hal lucu dan menarik untuk ditiru, lalu tersebar di berbagai media dan pada akhirnya menjadi kata gaul lucu terbaru.

Referensi arti dan makna dari ucapan gaul dalam komunikasi pergaulan mereka itu tidak ada buku kamus khusus, oleh karenanya terkadang walau ditulis dengan bahasa Indonesia istilah baru yang keluar tersebut terdengar aneh, rancu di telinga pendengar. Diperlukan semacam rujukan kamus khusus istilah kamus bahasa gaul dan alay zaman sekarang.

Kumpulan istilah di bawah ini merupakan semua Kamus Kata Gaul dan Kata-kata Alay Terbaru 2014, terekam di tahun 2013 lalu. Lalu bagaimana kamus ke depan? nanti arena sahabat akan ada update lagi kamus kata gaul dan alay paling baru lagi
  • Alay : istilah ini dipakai untuk menyebut anak-anak yang sering nongol di musik tv, berambut merah, dan berkulit gelap seperti kebanyakan main layangan gitu. Namun seiring waktu, kata alay sering dipakai untuk anak-anak yang sok eksis, narsis, norak dan sok capek.
  • Bais : artinya habis, cuma di bolak-balik aja susunan hurufnya. Contoh kata "Pulsa gw bais, ntar kabarin ya kalo sudah kumpul."
  • Boil : berarti mobil. Contoh kata Boil lu mana jek, ujan nih?.
  • Brb : artinya Be right back (bakal kembali)
  • Cius Miapah : artinya "Serius demi apa?", di plesetkan menjadi Cius Miapah. Mungkin karena orang-orang yang pertama kali bilang seperti ini menganggap dirinya Imut dan Unyu? haha.
  • Baks : berarti Rokok, gak tahu kenapa dinamain Baks, tetapi udah banyak orang di sekeliling gua yang gunain kata ini. Contoh "Oii boy, bagi baks nya lah!"
  • Gajebo : artinya "Gak Jelas". Contoh "Gajebo lu".
  • Yalsi : plesetan dari kata sial. Contoh "Omongan nggak nyambung gara-gara BBM pending, yalsi!"
  • Woles : berasal dari bahasa Inggris SLOW, dibaca dari belakang jadi WOLS, sering ditulis jadi WOLES, artinya nyantai aja, jangan buru-buru
  • Sokil Gob : merupakan plesetan dari kata "Gokil, sob!" Artinya sama aja kayak gokil, yaitu gila tapi dalama artian positif. Biasanya dipake buat menggambarkan sesuatu yang heboh, lucu atau unik. Sedangkan sob adalah kebalikan dari kata bos, yang biasa digunakan sebagai pangggilan akrab untuk seseorang.
  • Spupet : kata plesetan dari kata sepupu.
  • Ucul : merupakan kata yang berasal dari lucu, dibaca dibolak-balik.
  • Unyu : artinya lucu, menggemaskan, biasanya diikuti dengan emoticon :3. Contoh kata Ukhh.. unyu banget sih kamu.... :3
  • Pundung : kata yang berasal dari bahasa Sunda, artinya tersinggung, ngambek dan kesel.
  • Rempong : artinya ribet, repot atau rese. Contoh "Ngapain sih lo telepon gue tengah malah gini? Rempong deh!"
  • Saiko : artinya Gila, maniak. Asal kata dari "psycho". Contoh "Gila, tante kos gw emang saiko!"
  • Sekem : merupakan sebutan dari kata 'scam'. Artinya kena tipu. Contoh "Aduh, kena sekem lagi sama tukang hape."
  • Selon : artinya santai, slow, pelan-pelan.
  • Pertamax : merupakan istilah untuk menandai komentar yang paling pertama pada sebuah tulisan atau artikel pada suatu blog. Istilah ini kemudian menyebar ke forum di internet.
  • Peres : artinya palsu, bohong, nggak tulus.
  • PHP : singkatan kata dari Pemberi Harapan Palsu atau dapat diartikan sebagai omong kosong.
  • Prikitew : kata yang berasal dari lawakan si Sule. Penggunaannya hampir mirip dengan "cieee" atau "ihiiy".
  • Afgan : asal kata dari isitilah orang-orang di forum jual beli. Contoh misalkan ada orang jual Mobil, "Jual mobil, bisa nego, no afgan," itu artinya, bisa nego tapi jangan Sadis (karena si Afgan menyanyikan lagu sadis).
  • AKA : singkatan kata dari As Known artinya As / alias. Contoh "Oke buat agan Deddy AKA pejuang cinta".
  • Cmiiw : artinya "Correct Me If I Wrong" Maaf jika saya salah. Setelah menuliskan pendapat/saran, biasanya diikuti dengan kata CMIIW. Contoh "Setau gw itu sih harus direndam pake air garam, brooo... #CMIIW"
  • Cukstaw : arti kata ini merupakan singkatan dari Cukup Tahu. Contoh "Oke, cukstaw aja dah!".
  • Curcol : singkatan dari curhat colongan, artinya curhat yang dilakukan bersamaan dengan hal lain yang tidak berhubungan secara langsung
  • Eaa : kata yang sering terbaca di Twitter yang sering liat pada hastag seperti ini. Biasanya #eaaa digunakan seseorang utk nge-tweet kata-kata gombal. Kata ini diciptakan dan dipopulerkan oleh Tukul Arwana, biasanya diucapkan pas Tukul melakukan gerakan yang aneh-aneh.
  • Elo Gue End : kata ini dipopulerkan Wendy Cagur dalam tanyangan Opera Van Java. Kata-kata ini sempat jadi Trending Topic di Twitter. Kalimat ini digunakan hanya untuk bercandaan saja.
  • Fudul : artinya sama kayak stalking atau kepo. Digunakan buat menunjuk sifat orang yang want to know something sampe ngorek-ngorek informasi dari mana saja, termasuk jejaring sosial.
  • Galau : artinya perasaan kacau nggak karuan, resah, bimbang. Tapi entah siapa yang memulai. Kata galau mendadak populer di jejaring sosial. Sering muncul dengan #galau dan yang berbau galau kayak #galaucity, #galaugombal, #lagugalau.
  • Gengges : berasal dari kata ganggu yang diubah dikit, dikasih imbuhan *-es* dibelakangnya. "Gw unfollow ah, soalnya gengges, fotonya sok imut.*
  • Gaje : singkatan kata dari Gak Jelas. adalah pelafalan dari GJ, yaitu singkatan dari Gak Jelas. Biasa digunakan untuk percakapan ketika lawan bicara berbicara tentang hal - hal yang tidak jelas
  • GWS : singkatan dari Get well soon atau semoga lekas sembuh. Kata ini biasanya di ucapkan bila ada orang yang terkena musibah/sakit. contoh "Eh, gua denger-denger elu sakit ya? GWS yee."
  • Hoax : berarti berita palsu, diambil dari kata sama dalam bahasa Inggris yang berarti cerita bohong. Bisa juga di film Amerika berjudul The Hoax (2006) yang dianggap mengandung kebohongan. Awalnya cuma pengguna Internet di Amerika saja yang make istilah Hoax, tapi lama-lama kata ini menjadi dipake di seluruh dunia.
  • Jutek : kata ini sering dipake Pekerja Seks Komersil (PSK) di awal tahun 2000-an buat nyebut pria sombong dan jarang senyum. Kata ini akhirnya jadi kata umum yang dipake buat menunjuk orang yang judes, galak dan nggak ramah.
  • Kamseupay : singkatan dari KAMpungan Sekali Udik Payah, kata ini waktu itu populer banget di twitter kalau penemunya mending searching aja ya di google :p. contoh seperti ini "Kamseupay banget tuh orang !!"
  • Kepo : singkatan kata dari Knowing every Particular Object. Adalah sebutan untuk orang yang serba tahu detail dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya walaupun hanya sekelebat. Dalam beberapa kasus orang kepo adalah orang yang serba ingin tahu, bisa jadi kayak semacam kecanduan untuk tahu segala hal yang sepele dan itu bisa dia unggulkan sebagai kekuatan orang tsb
  • Kicep : artinya diem atau mematung biasanya karena malu atau nggak tau apa yang mesti dilakuin. Contoh "Langsung kicep gw begitu ngeliat soal ulangan Fisika…"
  • Kongkow : artinya nongkrong. Biasanya dipake ama anak-anak gaul di daerah jalan-jalan gelap tanpa penerangan sedikitpun. Contoh Yuk qta kongkow-kongkow
  • LDR : singkatan dari kata Long Distance Relationship / Pacaran Jarak Jauh.
  • Lebeh : kata lain dari lebay yang juga merupakan bahasa populer sejak sekitar tahun 2006, yang artinya berlebihan. Contoh kata : "Nggak ketemu cowok gw sehari rasanya nggak ketemu setahun" " Iiih, lebeh lo!"
  • LOL : singkatan "laugh out loud" (tertawa terbahak-bahak) atau, "lots of luck" (semoga banyak beruntung) atau "lots of love" (banyak cinta). Termasuk salah satu bahasa gaul Internet. LOL juga digunakan dalam bentuk komunikasi melalui komputer, seperti instant messaging, dan bahkan sudah menyebar ke komunikasi antar seseorang. Istilah ini juga digunakan dalam bahasa-bahasa selain Bahasa Inggris.
  • Maaciw : artinya terima kasih atau makasih, tapi di ucapkan dengan nada suara yg genit dan di plesetkan, pokoknya terdengarnya so imut gitu deh :p.
  • Mager L singkatan dari kata Males Gerak. "Laper tapi mager."
  • Malay : merupakan kata lain/variasi dr kata Malas. Contoh : Malay nih ke kampus hari ini, dosennya reseh-reseh !
  • Menel : menunjukkan pada perilaku centil demi menarik perhatian orang yang disukai.
  • Meper : perbuatan mengelapkan tangan yang kotor atau terkena sesautu secara diam-diam, bisa ke tembok, baju orang lain dll.
  • Narsis : berasal dari cerita yunani, ada seseorang lelaki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang cewek bernama Echo. Kemudian patah hati dan mengutuk Narcissus buat jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di kolam. Sekarang, kata narsis digunakan buat menggambarkan orang yang terlalu suka sama diri sendiri, salah satu tandanya adalah hobi banget foto sendiri.
  • Oretz : artinya oke, berasal dari bahasa Inggrs, "all right" yang diplesetin penulis maupun pengucapannya.
  • Palbis : singkatan dari kata-kata "PALING BISA. Contoh "Cobaan terberat itu saat ngeliat tweet kamu sama dia.." "Yelah, palbis lo, hahah!"
  • Pecah : digunakan buat mengomentari hal-hal yang keren, gokil, heboh. "Rugi lo nggak dateng, pecah banget acaranya semalem!"
Nah itu lah sahabat beberapa Kamus Gaul, dan kata alay terbaru update di tahun 2014 ini. Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan arena sahabat yang tergolong pada bahasa gaul internet pada jaman sekarang ini.
Selain itu untuk melengkapi kosa kata kalimat penuh makna untuk menyemangati aktifitas sehari-hari, layak sahabat membaca pula kumpulan kata motivasi penyemangat kehidupan terlengkap.

Kunci Keberhasilan Meraih Sukses Dalam Bisnis

Meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam bisnis dan pekerjaan menjadi dambaan setiap orang. Peluang dan kesempatan akan menjadi sukses besar bila ditopang dengan kebiasaan positif yang menjadi karakter orang tersebut. Telah banyak motivasi yang diberikan oleh para enteupreuner / wirausahawan sukses untuk mengubah kehidupan ke arah lebih baik. Namun itu semua tidak akan menjadi apa-apa jika tidak direalisasikan dalam kebiasaan sehari-hari dengan merubah pola pikir dalam otak manusia.

Sebetulnya bila berorientasi pada proses dalam bisnis atau bekerja akan memberikan kenyamanan dalam menikmati kehidupan ini. Hal itu akan berbeda bila seseorang targetnya hanya hasil semata, yang biasanya didapat frustasi dan problem karena tidak meraih target seperti yang diharapkan.

Apa saja sifat, pola pikir dan kebiasaan yang menjadi kunci keberhasilan meraih sukses dalam bisnis dan pekerjaan? Inilah diantaranya:
  • Orang sukses berpandangan bahwa pangkat, harta dan jabatan bukanlah target kesuksesan yang harus diraih.
  • Orang sukses memiliki kebiasaan melakukan aktifitas kegiatannya selalu dengan rencana dan persiapan yang matang.
  • Orang sukses memiliki kebiasaan terbuka kepada apa saja yang terjadi.
  • Orang sukses memiliki kebiasaan senang belajar dan meningkatkan kemampuannya seiring kemajuan jaman.
  • Orang sukses selalu mengambil pelajaran dari kesalahan yang pernah dilakukannya.Orang sukses memiliki target dan tujuan hidup yang pasti.
  • Orang sukses selalu memandang sesuatu baik orang maupun kejadian yang tidak diharapkan dengan positif thinking.
  • Orang sukses ketika menghadapi masalah yang tidak dapat dipecahkan tidak pernah lama merasakan kecewa dan tidak pernah putus asa.
  • Orang sukses memiliki sikap berani bertanggung jawab bila melakukan kesalahan dan tidak pernah berapologi atau beralasan.
  • Orang sukses bila mendapatkan kegagalan dalam sesuatu tidak pernah larut tenggelam dalam kesedihan.
  • Orang sukses selalu berkonsentrasi pada apa yang dikerjakannya, tidak pada orang yang memandang negatif pada dirinya.
  • Orang sukses tidak pernah hasud, iri, dengki dan dendam terhadap orang lain.
  • Orang sukses selalu menghargai orang lain dan mengapresiasi keberhasilan yang dicapai orang lain, juga pandai berterima kasih.
Demikian kunci keberhasilan meraih kesuksesn yang mudah-mudahan menjadi kiat jitu mendapatkan keberhasilan dalam bisnis dan usaha. Semoga bermanfaat dan menjadi kata motivasi untuk meraih apa yang diharapkan.

Puisi Berjudul Hujan Kecil

Setelah lama tidak menulis tiba-tiba ada inspirasi ke pikiran harus menyampaian sebuah karya yang sangat bagus yakni puisi dengan judul "Hujan Kecil" yang ditulis oleh seseorang bernama Budi Sabarudin. Puisi tersebut menggambarkan ungkapan hati seorang kakak kepada adiknya dengan nuansa sedih. Keinginan dari pembaca puisi tersebut ingin mengenalkan bagaimana Tuhan berkehendak di alam semesta.

Mengetahui resensi puisi berjudul Hujan Kecil, lalu menghayatinya dengan seksama akan memberikan pencerahan kepada hati yang sedang gundah gulana. Apresiasi pada kata-kata puitis tersebut seharusnya dengan membaca, merenung dan memberikan sikap postif dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dimana kakak yang sebentar lagi akan meninggalkan seorang adik mengungkapkan isi hati dengan sajak yang penuh makna dengan nuansa religi, mengajak menghayati hakikat arti kehidupan ini.

Berikut adalah puisi atau sajak dengan judul HUJAN KECIL :


Ini kali kepergianku tinggal menghitung detik

Apalagi yang mesti kutafsir dari peta jiwa masing-masing

Pulau-pulau mengecil

Mengambang

Berjauhan dalam sepi


Ada hujan kecil jatuh dari langit

Mengalir pada bukit-bukit yang perlahan tenggelam

Suaranya mirip butir-butir pasir atau kalikali kerikil meluruhi tubuh kita

“Takdir itu tak selamanya menggembirakan,” katamu

Tapi ribuan tahun kuintip kekosongan itu

Bagai sufi merindurindu Tuhan dalam zikir yang abadi

Juga senyum sang penujum membaca nasib

Dari batu-batu yang ditangkap dari dunia gaib


Adikku…

Ada nyanyian gugur daun-daun kemboja

Mengisahkan angin berdesaudesauan

dari pedih dan sakitnya pekuburan

Diantara kepiluan batangbatang tua belitan akar-akar, rantingranting kering, dan tanah lembab

Cobalah… sebentar saja… dengarkan suaranya itu, Kekasih


Diambil dari situs republika ditulis di : Serang-Banten, 29 Mei 2001-Tangerang, pada 30 Agustus 2013.
Demikian renungan puisi yang ingin disampaikan untuk sahabat melalui situs ini. Mudah-mudahan karya sajak di atas bermanfaat untuk para sahabat semuanya. Amin

Kumpulan Arti Kata Kalimat Gaul Terbaru 2014

Arena sahabat akan membahas tentang kumpulan arti kata dan kalimat gaul sebagai referensi bacaan berkomunikasi bersama remaja ataupun anak muda masa kini. 
Pada kenyataannya di zaman ini anak-anak muda gaul seringkali berkata dan berbahasa dengan kalimat gaul yang terkadang susah difahaminya. Di bawah ini diantara kumpulan kalimat gaul terbaru yang sering diucapkan atau ditulis pada status media sosial seperti BBM, SMS, Forum, Chatting, Twiitter, Facebook dan tentunya perkataan mereka.
Di tahun berikutnya seiring dengan perkembangan zaman setiap bulan dan sewaktu-waktu senantiasa mengalami perkembangan, dalam persahabatan itu kerap kali para remaja, pemuda bahkan orang tua pun secara spontan dan tidak sengaja mengeluarkan kata-kata dan kalimat yang baru lagi, oleh sebabnya harus ada semacam kamus gaul 2014 untuk mengartikan kata tersebut.
Bagi sahabat yang mencari dengan kata kunci Kumpulan arti kata kalimat gaul atau kata-kata gaul terbaru atau kata kalimat alay terkini dan arti kata gaul terbaru dapat anda lihat pada postingan di sini. Semoga bermanfaat.
Berikut arti kata-kata gaul sebagai referensi dalam berkomunikasi dengan sahabat atau teman melalui media sosial ataupun yang lainnya :
Arti kata Afgan dalam kalimat gaul
Untuk memahaminya harus tahu dulu siapa Afgan. Pernah dengar kan lagunya yang berjudul Sadis?. kata ini awalnya dipake sama orang-orang di forum jual beli .Contohnya ketika ada orang jual Mobil, "Jual kendaraan, bisa nego, no afgan," itu artinya, bisa nego tapi jangan Sadis.

Arti kata A.K.A dalam kalimat gaul

As Known As / alias.
Oke buat agan Deddy AKA pejuang cinta

Arti kata Alay dalam kalimat gaul
Banyak versi yang menyebutkan. Mulai dari anak lebay, anak kelayapan, namun yang sering disebut adalah anak layangan. Konon katanya, istilah ini digunakan untuk menyebut anak-anak yang sering nongol di musik tv. Berambut merah, dan berkulit gelap seperti kebanyakan main layangan gitu. Namun seiring waktu, kata alay sering dipakai untuk anak-anak yang sok eksis, narsis, norak dan sok capek.

Arti kata Bais dalam kalimat gaul
Bais yang berarti habis, cuma di bolak-balik aja susunan hurufnya.
"Pulsa gw bais, ntar kabarin ya kalo sudah kumpul."

Arti kata Boil dalam kalimat gaul
Boil berarti mobil
Boil lu mana jek, ujan nih?.

Arti kata Brb dalam kalimat gaul 
Brb berarti Be Right Back (bakal kembali)
contoh misalkan seperti ini : (ceritanya lagi chat)
A: BUZZ!! Lg apa cuy?
B: tar, gw lg ngmng sm bokap, brb..

Arti kata Cmiiw dalam kalimat gaul 
Cmiiw singkatan dari Correct Me If I Wrong
Maaf jika saya salah. Setelah menuliskan pendapat/saran, biasanya diikuti dengan kata CMIIW.
contoh "Setau gw itu sih harus direndam pake air garam, brooo... #CMIIW"

Arti kata Cukstaw dalam kalimat gaul 
Cukstaw Kata ini merupakan singkatan dari Cukup Tahu.
contoh "Oke, cukstaw aja dah!".

Arti kata Curcol dalam kalimat gaul 
Curcol singkatan dari "curhat colongan", artinya curhat yang dilakukan bersamaan dengan hal lain yang tidak berhubungan secara langsung
A: Gw lagi nyari boil baru nih...
B: Yaa, gw baru putus nih
A: Curcol nih?

Arti kata Eaa dalam kalimat gaul 
Eaa Di Twitter, pasti pada sering liat hastag seperti ini. Biasanya #eaaa digunakan seseorang utk nge-tweet kata-kata gombal. Kata ini diciptakan dan dipopulerkan oleh Tukul Arwana, biasanya diucapkan pas Tukul melakukan gerakan yang aneh-aneh.

Arti kata Elo Gue End dalam kalimat gaul 
Elo Gue End Dan inilah Kalimat yang lagi banyak ditirukan orang kata-kata ini dipopulerkan Wendy Cagur dalam tanyangan Opera Van Java. Kata-kata ini sempat jadi Trending Topic di Twitter. Kalimat ini digunakan hanya untuk bercandaan saja.

Arti kata Fudul dalam kalimat gaul 
Fudul artinya sama kayak stalking atau kepo. Digunakan buat menunjuk sifat orang yang want to know something (serba ingin tahu) sampe ngorek-ngorek informasi dari mana saja, termasuk jejaring sosial.

Arti kata Galau dalam kalimat gaul 
Galau. Kata galau sebenarnya termasuk dalam Bahasa Indonesia baku yang terdaftar di kamus, artinya perasaan kacau nggak karuan, resah, bimbang. Tapi entah siapa yang memulai. Kata galau mendadak populer di jejaring sosial. Sering muncul dengan #galau dan yang berbau galau kayak #galaucity, #galaugombal, #lagugalau.

Arti kata Genges dalam kalimat gaul 
Gengges berasal dari kata ganggu yang diubah dikit, dikasih imbuhan *-es* dibelakangnya.
"Gw unfollow ah, soalnya gengges, fotonya sok imut.*

Arti kata GaJe dalam kalimat gaul 
Gaje singkatan dari Gak Jelas. Merupakan pelafalan dari GJ, yaitu singkatan dari Gak Jelas. Biasa digunakan untuk percakapan ketika lawan bicara berbicara tentang hal - hal yang tidak jelas
A : Woi, gue kemaren baru beli kertas, pensil, dan penghapus lho...
B : Terus?
A : Ya nggak papa curhat aja..
B : Geje...

Arti kata GWS dalam kalimat gaul 
GWS artinya Get Well Soon atau semoga lekas sembuh. Kata ini biasanya di ucapkan bila ada orang yang terkena musibah/sakit. Contoh "Eh, gua denger-denger elu sakit ya? GWS yee."

Arti kata HOAX dalam kalimat gaul 
Hoax berarti berita palsu, diambil dari kata sama dalam bahasa Inggris yang berarti cerita bohong. Bisa juga di film Amerika berjudul The Hoax (2006) yang dianggap mengandung kebohongan. Awalnya cuma pengguna Internet di Amerika saja yang make istilah Hoax, tapi lama-lama kata ini menjadi dipake di seluruh dunia.

Arti kata Jutek dalam kalimat gaul 
Jutek. Sering banget dengar ini. Kata ini sering dipake Pekerja Seks Komersil (PSK) di awal tahun 2000-an buat nyebut pria sombong dan jarang senyum. Kata ini akhirnya jadi kata umum yang dipake buat menunjuk orang yang judes, galak dan nggak ramah.

Arti kata Kamseupay dalam kalimat gaul 
Kamseupay. KAMpungan SEkali Udik PAYah, kata ini waktu itu populer banget di twitter kalau penemunya mending searching aja ya di google :p.
contoh seperti ini "Kamseupay banget tuh orang !!"

Arti kata Kepo dalam kalimat gaul 
Kepo adalah akronim dari Knowing Every Particular Object. Merupakan sebutan untuk orang yang serba tahu detail dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya walaupun hanya selintas. Dalam beberapa kasus orang kepo adalah orang yang serba ingin tahu, bisa jadi kayak semacam kecanduan untuk tahu segala hal yang sepele dan itu bisa dia unggulkan sebagai kekuatan orang tsb.
Hati hati jika berhadapan dengan orang kepo, hal yang anda sembunyikan tak lama kemudian akan muncul ke permukaan (rahasia yang bocor)
ciri ciri orang kepo :
  • serba ingin tahu
  • kadang sok tahu
  • mempunyai mata yang sangat amat jeli dan tajam
  • cikal bakal geek (evolusi sebelum orang itu jadi geek)
Contoh : Kepo banget sih lho! "mo tw aja"

Arti kata Kicep dalam kalimat gaul 
Kicep itu artinya diem atau mematung biasanya karena malu atau nggak tau apa yang mesti dilakuin.
contoh "Langsung kicep gw begitu ngeliat soal ulangan Fisika…"

Arti kata Kongkow dalam kalimat gaul 
Kongkow artinya nongkrong gitu... dipake ya ama anak-anak gaul lah....
di daerah jalan-jalan gelap tanpa penerangan sedikitpun yuuukkk....
yuk qta kongkow-kongkow

Arti kata Kudet dalam kalimat gaul 
Kudet singkatan dari Kurang Update. Ditujukan kepada seseorang yang gaptek, kurang gaul, dan gak mau ngikutin informasi terbaru.

Arti kata LDR dalam kalimat gaul 
LDR kepanjangan dari Long Distance Relationship / Pacaran Jarak Jauh.

Arti kata Lebeh dalam kalimat gaul 
Lebeh perkembangan dari kata lebay yang juga merupakan bahasa populer sejak sekitar tahun 2006, yang artinya berlebihan. Contoh kata : "Nggak ketemu cowok gw sehari rasanya nggak ketemu setahun" " Iiih, lebeh lo!"

Arti kata LOL dalam kalimat gaul 
LOL (juga ditulis lol) adalah akronim dalam bahasa Inggris, biasanya untuk "Laugh Out Loud" (tertawa terbahak-bahak) atau, "Lots of Luck" (semoga banyak beruntung) atau "Lots of Love" (banyak cinta). Istilah LOL berasal dari Usenet dan menjadi elemen umum bahasa gaul Internet. LOL juga digunakan dalam bentuk komunikasi melalui komputer, seperti instant messaging, dan bahkan sudah menyebar ke komunikasi antar seseorang. Istilah ini juga digunakan dalam bahasa-bahasa selain Bahasa Inggris.
Sis A: Aduh sis, kemarin saya salah masuk ke kamar ganti cowo.
Sis B: LOL :D...

Arti kata Maaciw dalam kalimat gaul 
Maaciw artinya terima kasih atau makasih, tapi di ucapkan dengan nada suara yg genit dan di plesetkan, pokoknya terdengarnya so imut gitu deh :p.

Arti kata Mager dalam kalimat gaul 
Mager ini Singkatan dari kata Males Gerak. "Laper tapi mager."

Arti kata Malay dalam kalimat gaul 
Malay kata lain/variasi dr kata Malas
Malay nih ke kampus hari ini, dosennya reseh-reseh !

Arti kata Menel dalam kalimat gaul 
Menel menunjukkan pada perilaku centil demi menarik perhatian orang yang disukai.

Arti kata Maper dalam kalimat gaul 
Meper adalah mengelapkan tangan yang kotor atau terkena sesautu secara diam-diam, bisa ke tembok, baju orang lain dll.

Arti kata Narsis dalam kalimat gaul 
Narsis, bukan istilah baru sih. Tapi mungkin banyak yang belum tahu, narsis juga punya legenda lho. Berasal dari cerita yunani, ada seseorang lelaki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang cewek bernama Echo. Kemudian patah hati dan mengutuk Narcissus buat jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di kolam. Sekarang, kata narsis digunakan buat menggambarkan orang yang terlalu suka sama diri sendiri, salah satu tandanya adalah hobi banget foto sendiri.

Arti kata Oretz dalam kalimat gaul 
Oretz Artinya oke, berasal dari bahasa Inggrs, "all right" yang diplesetin penulis maupun pengucapannya.

Arti kata Palbis dalam kalimat gaul 
Palbis Singkatan dari kata-kata "PALING BISA.
"Cobaan terberat itu saat ngeliat tweet kamu sama dia.." "Yelah, palbis lo, hahah!"

Arti kata Pecah dalam kalimat gaul 
Istilah ini biasanya digunakan buat mengomentari hal-hal yang keren, gokil, heboh. "Rugi lo nggak dateng, pecah banget acaranya semalem!"

Arti kata Pertamax dalam kalimat gaul 
Pertamax pertama kali datang di sebuah blog bernama KafeMotor dan dipopulerkan oleh pemilik blog tersebut. Penjelasan yang mungkin dapat menjelaskan darimana asal-usul kata tersebut ditemukan ialah karena blog tersebut mengangkat tema otomotif sebagai bahan pembahasannya. Oleh karena itu, digunakanlah istilah pertamax untuk menandai komentar yang paling pertama pada sebuah tulisan atau artikel. Istilah ini kemudian menyebar ke banyak kalangan blogger Indonesia, yang kemudian diikuti oleh kalangan non-blogger lainnya semisal pada forum di internet.
Contoh :
A: Pertamax, Gan!
B: Kacrut loe, udah dibilangin basi tetep aja komen gak penting.

Arti kata Peres dalam kalimat gaul 
Peres artinya palsu, bohong, nggak tulus.

Arti kata PHP dalam kalimat gaul 
PHP merupakan sebuah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu atau dapat diartikan sebagai omong kosong. Contoh kata : dasar lo cewe php!!! huft.. sebel !
PHP yang ente maksud bukan PHP bahasa komputer ya brow :D.

Arti kata Prikitiw dalam kalimat gaul 
Prikitiew- Istilah ini sering kita dengar lewat lawakan si Sule. Penggunaannya hampir mirip dengan "cieee" atau "ihiiy".

Arti kata Pundung dalam kalimat gaul 
Pundung asalnya dari bahasa Sunda, artinya tersinggung, ngambek dan kesel.

Arti kata Rempong dalam kalimat gaul 
Rempong artinya ribet, repot atau rese.
"Ngapain sih lo telepon gue tengah malah gini? Rempong deh!"

Arti kata Saiko dalam kalimat gaul 
Saiko berarti psycho
Gila, maniak. Asal kata dari "psycho".
Gila, tante kos gw emang saiko!

Arti kata Sekem dalam kalimat gaul 
Sekem Indonesianisasi dari kata 'scam'. Artinya kena tipu.
Aduh, kena sekem lagi sama tukang hape.

Arti kata Selon dalam kalimat gaul 
Selon Bisa diartikan sebagai santai, slow, pelan-pelan.

Arti kata Sokil Gob dalam kalimat gaul 
Sokil Gob Merupakan plesetan dari kata "Gokil, sob!" Artinya sama aja kayak gokil, yaitu gila tapi dalama artian positif. Biasanya dipake buat menggambarkan sesuatu yang heboh, lucu atau unik. Sedangkan sob adalah kebalikan dari kata bos, yang biasa digunakan sebagai pangggilan akrab untuk seseorang.

Arti kata Spupet dalam kalimat gaul 
Spupet merupakan Plesetan dari kata sepupu.

Arti kata Ucul dalam kalimat gaul 
Ucul berasal dari kata lucu, cuma dibolak - balik.

Arti kata Unyu dalam kalimat gaul 
Unyu berarti lucu, menggemaskan, biasanya dikuti dengan emoticon :3
Uhhh,,,, unyu banget sih kamu.... :3

Arti kata Woles dalam kalimat gaul 
Woles berasal dari bahasa inggris SLOW, dibalikin jadi WOLS dibaca WOLES. artinya nyantai aja, jangan buru-buru
x : lu udah ngerjain tugas geologi
y : woles aja sih, masih lama bro

Arti kata Yalsi dalam kalimat gaul 
Yalsi = Ucapkan kata yalsi berulang-ulang, kata baru apa yang kita dengar? Yalsi merupakan plesetan dari kata sial.
Contoh : "Omongan nggak nyambung gara-gara BBM pending, yalsi!"

Arti kata GaJebo dalam kalimat gaul 
GaJebo artinya "Gak Jelas".
contoh "Gajebo lu".

Arti kata Baks dalam kalimat gaul 
Baks ini berarti Rokok, gak tahu kenapa dinamain Baks, tetapi udah banyak orang di sekeliling gua yang gunain kata ini.
contoh "Oii boy, bagi baks nya lah!"

Arti kata Cius Mi apah? dalam kalimat gaul
Cius Mi apah? - Ini adalah kata gaul terbaru yang baru-baru ini mulai meledak, gua belum tahu siapa yang mempopulerkan kata kata ini, namun kata-kata ini sudah sangat melekat di telinga orang Indonesia, Cius Miapah yang artinya "Serius demi apa?", di plesetkan menjadi Cius Miapah. Mungkin karena orang-orang yang pertama kali bilang seperti ini menganggap dirinya Imut dan Unyu? haha.
Demikianlah Kumpulan Kalimat Gaul Terbaru 2014, baca juga kamus kata gaul terbaru semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk pengetahuan anda di bulan februari, maret, april, mei, juni dan agustus. Agar kita tidak tampak terlalu kuper alias kurang pergaulan di saat sekarang ini.

Cara Mengatasi dan Menyelesaikan Konflik dalam Persahabatan

Tips mengatasi konflik persahabatan - Ketegangan dan tidak akur dengan teman atau sahabat seringkali terjadi di kalangan remaja. Konflik itu terjadi disebabkan adanya kesalah fahaman atau ketidak sepahaman dalam memandang dan memutuskan sesuatu.
Setiap manusia memiliki cara pandang dan pemikiran yang berbeda, karena akal manusia memang bekerja seperti itu. Hal ini bukanlah berarti bahwa konflik dalam persahabatan itu sesuatu yang biasa terjadi dan perlu diabaikan, tetapi harus segera diselesaikan dengan fikiran jernih tanpa emosi atau saling membenci. Intinya penyelesaian konflik dengan teman mesti dengan kepala dingin.  Naah untuk mengatasinya berikut cara menyelesaikan konflik pertemanan:

Selalu Menjalin Kepercayaan
Dalam berteman dan bersahabat mutlak diperlukan saling menjalin kepercayaan. Walau kita sedang ada konflik bersama teman kita harus tetap percaya kepadanya. Yakinlah bahwa dalam suatu pertemanan tidak selamanya berjalan mulus, oleh sebab itu kita harus tetap percaya bahwa diantara kita dapat menjaga hubungan agar tetap harmonis.

Berbicara dan Berkomunikasi dari hati kehati

Masalah itu timbul pada asalnya dari sebab misscomunikasi atau salah komunikasi yang diakibatkan pembicaraan atau komunikasi yang tidak dimengerti oleh seseorang atau sahabat. Ketika masalah itu terlanjur terjadi solusi utama menyelesaikannya adalah dengan cara berbicara dari hati ke hati, dengan cara itu teman atau sahabat kita akan mengerti apa sebenarnya maksud dan tujuan kita.

Curahkan Isi Hati Kita Dengan Tepat
Dengan curhat yang benar, maka konflik itu setidaknya akan terbantu terselesaikan oleh pihak lain. Bila konflik itu terjadi seorang kepada seorang maka carilah sahabat ketiga yang dapat kita jadikan teman curhat, namun bila masalah terjadi bersama-sama kepada pihak lain maka curahkanlah isi hati semua teman kita apa sebenarnya yang dicari oleh semua orang tersebut. Tetapi hati-hatilah bila curhat itu tanpa aturan malah akan menjadi masalah baru yang akan menimbulkan konflik yang baru pula.

Mencari tempat dan Suasana yang Tepat untuk Menyelesaikan Konflik

Di dalam mengatasi pertentangan dan konflik yang sedang kamu hadapi, perlu diselesaikan dengan melakukan pembicaraan dan dalam membicarakannya perlu diperhatikan lingkungan apakah mendukung untuk kamu dapat membicarakannya.

Mengenang Hal-Hal Indah yang pernah kamu alami dengan temanmu tersebut

Memberi Maaf
Hal-hal yang paling penting adalah memberi maaf pada teman / sahabat kamu yang sedang bermasalah dengan kamu, sehingga ketika kamu saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi.

Melakukan Introspeksi terhadap Diri
Emosi terkadang mengedepankan nafsu semata,. Dalam mengatasi konflik dalam persahabatan tidak boleh langsung menyalahkan teman kamu yang menyebabkan konflik terjadi tersebut tetapi usahakan bahwa kamu juga bisa mengoreksi diri siapa tahu kamu yang salah.

Menjalin Komunikasi yang baik dengan cara berbicara yang sopan dan tidak kasar, agar dimengerti dan tersampaikan keinginan masing-masing.

Itulah diantara cara mengatasi konflik dalam bersahabat, walau bertengkar mempunyai konflik dengan teman adalah hal yang wajar terjadi tetapi yang paling penting adalah bagaimana kamu secara dewasa dapat menyelesaikannya dengan baik. Salam Persahabatan …

Biografi Cristiano Ronaldo dan Perhatiannya Kepada Islam | Artis Mu'allaf

Cristiano Ronaldo lahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985 silam. Dalam biografi-nya dia adalah seorang pemain sepak bola Portugal berstatus agama Katolik, Walau begitu Pemain sepak bola termahal tahun ini yang sering dipanggil CR-7 ini ternyata perhatian terhadap Islam dan umat Islam sangat terlihat. Dia juga terbukti menyukai ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.
Kepiawaian dalam bermain bolanya telah teruji banyak pihak. Ronaldo dapat berposisi sebagai pemain sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah. Kini Ronaldo bermain untuk club Spanyol, Real Madrid dan untuk tim nasional Portugal. Sebelum bermain untuk Real Madrid, ia pernah bermain di Sporting Lisbon dan Manchester United (MU). Pemain yang kerap bernomor punggung 7 di lapangan hijau ini juga akrab dengan sebutan CR7, gabungan dari inisial namanya dengan nomer punggungnya.

Beberapa waktu yang lalu, media terbesar dan terpercaya Spanyol ‘Marca’ memberitakan jika rekan Ronaldo satu timnya, Mesut Ozil, pemain muslim asal jerman yang berdarah turki ini, memberi kesaksian, Jika Cristiano Ronaldo sudah hapal huruf hijaiyah, dan juga sudah hapal surat favoritnya, yaitu surat Al- Fatihah.

Ronaldo membenarkan kesaksian dari Ozil, “Banyak yang tidak percaya kalau saya mengagumi Al-Quran, tapi memang begitulah kenyataannya, setiap Ozil membaca Al-Quran, saya senantiasa merasa damai, dan hati saya pun menjadi sejuk,” kata Ronaldo kepada Media Spanyol.


Mesut OziL juga membenarkan perkataan Ronaldo, “Cristiano Ronaldo selalu menunggu saya selesai Sholat di rest room, saya tahu dia ingin mendengar saya mengaji,” timpal Ozil.

Cristiano Ronaldo, kembali berkata, “Saya sudah hafal Al-Fatihah, mungkin nanti saya akan minta diajarkan berwudhu, saya sangat senang,” kata Ronaldo.

Bahkan, CR7 sangat senang mendengarkan Ozil membaca Al-Quran sebelum bertanding dan merasa yakin Real Madrid menang di pertandingan, jika sebelum pertandingan, Ozil membaca Al-Quran.

Bukti dan Catatan sikap CR7 terhadap Islam


1. Cristiano Ronaldo merupakan simpatisan Palestina, hal ini dibuktikannya dengan melelang sepatu emasnya untuk disumbangkan ke anak-anak Palestina. Cristiano Ronaldo, bintang ‘Seleccao’ yang dilabeli media barat memiliki sifat sombong tersebut ternyata mempunyai hati sensitif. Hal itu dilakukan pemain berjuluk CR7 itu untuk membantu anak-anak Palestina. Laman Qodsna pada akhir tahun lalu mengabarkan, lembaga amal Real Madrid melelang sepatu emas milik Ronaldo itu hingga 1,4 juta Euro (atau Rp 16,77 Miliar). Uang hasil lelang itu disumbangkan untuk membangun beberapa sekolah yang hancur di sepanjang di Jalur Gaza.

2. Pada pertandingan Pra Piala Dunia, antara timnas Portugal vs ‘Zionis’ Israel, setelah pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 3-3, CR7 menolak bertukar jersey dengan pemain Israel, meski sudah banyak yang mengajaknya.


3. Tidak mau menyebut negara Israel. Menurut laporan Shabestan, wartawan televisi Aljazeera sempat bertanya kepada Ronaldo, Anda saat ini berada di tanah Israel atau Palestina? Bintang dunia asal Portugal ini menjawab, “Saya berada di bumi Palestina.” Padahal diketahui, Portugal bertanding melawan Israel, di kandang Israel, pada Jumat (22/03) di pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup F.


4. Ronaldo kembali menyumbangkan uang senilai 100 ribu Euro (atau Rp1,39 Miliar) kepada korban perang Afghanistan pada Rabu (13/­2). Seperti dikutip Reuters, Ronaldo menyumbangkan uang sebesar itu dengan mengatasnamakan UEFA dan diserahkan melalui International Commitee of the Red Cross (ICRC). Uang itu nantinya akan digunakan untuk membantu merehabilitasi warga Afghanistan yang kehilangan tubuh, karena terkena ledakan ranjau darat di negeri yang kerap terjadi peperangan tersebut.

Semoga saja Ronaldo meraih hidayah Allah untuk memilih dan menyatakan Islam sebagai dien nya dalam waktu dekat …Aamiin