Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Makna dan Arti Sahabat Sejati dalam Islam

Selamat datang di situs arena sahabat. Makna sahabat dalam pengertian umum merupakan teman yang selalu akrab dengan seseorang. Sedangkan arti sahabat sejati itu adalah menjadikan teman akrab sampai melahirkan sebuah ikatan emosional sehingga sangat sulit mendefinisikan artinya kecuali dengan perasaan. Persahabatan dalam Islam dapat diberi pengertian sebagai ukhuwah antara sesama akidah, dengan memiliki visi dan misi hidup yang sama yaitu meraih ridlo Allah SWT.

Pergaulan dalam persahabatan kita sehari-hari terkadang membuat perasaan lelah, jengkel, dan kesal, tetapi sering juga kita mengalaminya dengan suka serta senang. Itulah pengalaman yang akan dirasakan oleh setiap orang ketika berteman atau bersahabat. Hal itu disebabkan karena setiap manusia memiliki jenis, sifat, dan karakter yang berbeda. Cobaan hidup ataupun musibah yang terjadi pada seorang yang memiliki sahabat sejati akan lebih mudah diatasi karena bantuan peran sahabat tersebut. Demikian arti sahabat sejati berperan membantu teman yang membutuhkannya.

Persabatan dalam perjalanannya akan diwarnai dengan liku-liku pengalaman, kadang suka ataupun duka, kadang kecewa atau bahagia dan lain sebagainya. Seorang sahabat sejati tidak akan membiarkan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur dan meluruskan kesalahan tersebut. Sahabat sejati tidak akan pernah menukar pukulan dengan ciuman, tetapi justru menegornya dengan cara bijak agar sahabatnya tersebut berubah ke arah yang lebih baik.

Proses persahabatan dari awal sebagai teman menjadi sahabat dan kemudian dijadikannya sebagai sahabat sejati membutuhkan usaha pemeliharaan agar tetap dalam keadaan harmonis. Peran sahabat sejati tidak hanya membantu pada saat kesusahan. Seorang sahabat sejati selalu setia, bukan hanya pada saat seseorang membutuhkan bantuan, perhatian, pertolongan dan belas kasihan saja, tetapi ia justru yang beriinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh temannya tersebut. Perasaan rindu kepada sahabat tersebut adalah salah satu ciri bahwa dia adalah benar-benar sahabat sejati. Persahabatan sejati tidak akan dimulai dengan sikap egois, tetapi saling melengkapi kebutuhan, perasaan satu sama yang lainnya.

Islam menganjurkan berbuat baik kepada sesama orang muslim lainnya dan bukan hanya itu saja persahabatan itu harus dapat menjadi sebuah keluarga besar dengan sebutan tali hubungan ukhuwah Islamiyah. Al-Qur'an dan Hadits Nabi banyak memerintahkan umatnya untuk selalu berbuat baik antar sesama sampai mereka menjadikan keluarga. Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita bagaimana hubungan baiknya dengan para Sahabat Nabi semasa hidupnya. Demikian Islam mengartikan persahabatan sejati dengan landasan agama disertai perasaan kemanusiaan, saling membutuhkan, memerlukan satu sama lainnya sebagai makhluk Allah yang tidak bisa hidup sendirian. Selain itu persahabatan dalam Islam tidak hanya sebatas sesama umat seagama saja, tetapi jalinan hubungan dengan agama lain pun harus dapat dipelihara dengan baik sebagai makhluk Tuhan yang tidak dapat berbuat apa-apa kecuali bersama manusia lain.

Akhirnya kita sadari bersama bahwa semua orang itu sangat memerlukan peran sahabat sejati, akan tetapi pada kenyataannya tidak setiap orang berhasil dengan baik memiliki sahabat sejati. Oleh karenanya marilah kita mengacu pada nilai-nilai persahabatan dalam Islam agar harapan mendapatkan ketenangan dan ketentraman hidup dapat kita raih.

Demikian artikel tentang arti sahabat sejati dalam pandangan umum dan agama Islam. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Salam persahabatan dan ukhuwah Islamiyyah.

| Makna dan arti sahabat sejati dalam pandangan Islam. Pengertian persahabatan sejati ukhuwwah Islamiyyah