Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul | Makalah

Masalah yang dihadapi oleh anak-anak taman kanak-kanak biasanya berkaitan dengan gangguan pada perkembangan anak. Bila tidak segera diatasi gangguan itu akan berlanjut pada fase perkembangan berikutnya yaitu fase perkembangan anak sekolah. Contohnya pada fase ini anak masih ngompol, anak itu dijauhi oleh teman-temannya sehingga pada fase berikutnya yaitu fase sekolah anak tidak bisa menyesuaikan diri dengan temannya. Oleh karena itu guru perlu mengetahui berbagai masalah itu agar dapat membantu anak memecahkannya.

Pengertian Pemalu
Pemalu adalah sifat yang pasif, dimana anak yang pemalu itu memiliki aktivitas motorik dan kognitif yang kurang/diam. Pemalu merupakan kelainan prilaku yang jelas asal usulnya, gangguan prilaku tersebut terkombinasi dengan sifat-sifat tertentu seperti, diam, tidak mau bertanya apa-apa.
Menurut para ahli bahwa pemalu adalah gangguan yang mempunyai ciri-ciri pasif yang monoton, biasanya mengalami kesukaran dalam berkomunikasi dan berperilaku.

Karakteristik atau Ciri-ciri Pemalu
Pendiam
Interaksi dengan lingkungan sekitar kurang
Sulit mengemukakan pendapat pada orang lain
Selalu menutup diri
Tidak suka melakukan tugas yang diberikan karena takut salah.

Faktor Penyebab Pemalu
a. Faktor Fisik
- Abnormalitasnya aktivitas anak
- Ada kekurangannya di dalam diri anak
- Anak tidak merasa sama dengan teman-temannya

b. Faktor Psikis
Dilihat dari segi psikologis yaitu bahwa anak itu pemalu cenderung kurang berinteraksi dengan teman-temannya atau dengan lingkungan sekitarnya, akibatnya anak pada waktu bertemu dengan orang lain merasa malu dan takut.

c. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan, yang menyebabkan anak pemalu yaitu kurang baiknya lingkungan disekitar rumah. Sehingga, anak jarang keluar rumah akibatnya anak jadi pemalu.

d. Faktor Emosional
Anak yang emosinya tidak setabil sulit untuk berkonsentrasi dan berpikir logis, tidak mampu memotivasi dirinya untuk tetap fokus pada aktivitasnya serta tidak mampu membina hubungan yang harmonis dengan lingkungan dimana ia berada.

Cara Pencegahan Anak Pemalu
- Harus memberi motivasi yang kuat
Anak yang pemalu biasanya dalam melakukan berbagai hal harus disertai dengan cara memberi motivasi atau bersamaan, sehingga anak bisa berinteraksi.

- Harus bisa mengarahkan anak tersebut.
Anak harus bisa diarahkan atau dilibatkan suatu kegiatan yang mampu menarik perhatian dan minat anak yaitu kegiatan-kegiatan yang bisa menarik anak

Anak pemalu cenderung memiliki aktivitas yang monoton (pasif) dan kelakuannya sering banyak diam dan menyendiri, faktor penyebab anak pemalu yaitu kurangnya interaksi dilingkungan rumahnya sehingga anak menjadi kaku dan ada rasa takut ketika bertemu dengan orang lain. Faktor lain yaitu karena kurangnya interaksi antara keluarga.

Cara penanggulangannya Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul  yaitu dengan hati yang sabar, ikhlas dengan penuh sungguh-sungguh.

DAFTAR PUSTAKA
Tim Redaksi Puspa Swara. 2001. Mengatasi Problema Psikologis Balita. Jakarta : Pupa Swara.
Rosemini. A. Prianto. 2003. Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya. Yogya : Kanisius.

Baca juga artikel menarik lainnya cara mengatasi masalah dengan teman.| Etika pegaulan remaja muslim.

| Cara penanggulangannya Mengatasi Anak Pemalu Dalam Bergaul