Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Renungan Islam Tentang Sahabat Sejati

Renungan Islam Tentang Sahabat Sejati...
Kita sebagai manusia yang tidak bisa hidup sendiri, sudah pasti memerlukan sahabat untuk dijadikan rekan atau teman. Namun tidak semua orang yang menjadi teman tersebut mengerti akan kita, atau bahkan mungkin mengecewakan kepada kita. Sahabat sejati akan terasa berbeda dengan yang lainnya, dia akan selalu memahami teman-temannya.
Mari kita membaca tulisan terkait renungan tentang sahabat sejati berdasarkan pepatah Arab berikut ini :
Ada pepatah Arab mengatakan:

مَاصَحِبَكَ اِلاَّ مَنْ صَحِبَكَ وََهُوَبِعَيْبِكَ عَلِيْمٌ وَلَيْسَ ذَلِِكَ اِلاَّّ مََوْلاَكَ الْكَرِيْمُ ٬ خَيْرُ مَنْ تَصْحَبُ مَنْ يَطْلُبُكَ لاَ لِشَىْءٍٍ يََعُوْدُ مِنْْكَ اِلَََيْهِ٠

“Bukanlah sahabat bagimu, kecuali orang yang mau berkawan denganmu ketika ia telah mengetahui kejelekan dirimu. Tiadalah orang yang seperti itu kecuali Tuhan yang Maha Pemurah. Sebaik- baik orang yang menjadi kawanmu adalah yang memperhatikan kepentinganmu, bukan karena kepentingan yang ia inginkan darimu."

Sahabatmu yang hakiki ialah orang yang suka memperhatikan kepentinganmu, dan menunjukkan kebaikannya untukmu, dan ia berusaha untuk mencari banyak kebaikan untuk kepentinganmu, kesenanganmu dan kemanfaatan untukmu. Walaupun ia sebenarnya mengetahui kejelekan dan aib darimu, akan tetapi ia berusaha menutupinya dan berusaha memperbaikinya dengan kehalusan budi pekerti. Karena sifat seperti inilah yang ditunjukkan dan diajarkan Allah swt yang Maha Pemurah kepadamu. Sahabatmu yang paling baik ialah mereka yang dalam urusanmu dan kepentingamu selalu diperhatikan, mencarikan dan menunjukkan kebaikan itu, serta berusaha mengajakmu ke jalan yang utama. Ia tidak akan meninggalkanmu dalam marabahaya, dan menghindarkan dirimu dari kejahatan.

Temanmu adalah orang yang menangis bersama, bukan yang suka tertawa bersamamu. Carilah sahabat yang akan menjadi obat dan jangan mencari sahabat yang menyebarkan penyakit. Tuntunlah sahabatmu apabila ia tergelincir, arahkan apabila ia lupa.

Mencari sahabat untuk tertawa memang banyak, akan tetapi mendapat sahabat untuk menangis sangat sedikit.

Bagi anda yang sedang mencari sahabat muslim sejati dapat anda temukan di kelompok belajar atau grup yang selalu ada di dalam satu lingkungan. Remaja muslim dapat mencarinya di pesantren boarding seiring dengan sama-sama belajar mendalami agama dengan asik dan menyenangkan.

Demikian Renungan Islam tentang Sahabat Sejati. Semoga bermanfaat.

| Renungan Islam Tentang Sahabat Sejati, makna sahabat sejati menurut ajaran islam