Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Cara Mengatasi dan Menyelesaikan Konflik dalam Persahabatan

Tips mengatasi konflik persahabatan - Ketegangan dan tidak akur dengan teman atau sahabat seringkali terjadi di kalangan remaja. Konflik itu terjadi disebabkan adanya kesalah fahaman atau ketidak sepahaman dalam memandang dan memutuskan sesuatu.
Setiap manusia memiliki cara pandang dan pemikiran yang berbeda, karena akal manusia memang bekerja seperti itu. Hal ini bukanlah berarti bahwa konflik dalam persahabatan itu sesuatu yang biasa terjadi dan perlu diabaikan, tetapi harus segera diselesaikan dengan fikiran jernih tanpa emosi atau saling membenci. Intinya penyelesaian konflik dengan teman mesti dengan kepala dingin.  Naah untuk mengatasinya berikut cara menyelesaikan konflik pertemanan:

Selalu Menjalin Kepercayaan
Dalam berteman dan bersahabat mutlak diperlukan saling menjalin kepercayaan. Walau kita sedang ada konflik bersama teman kita harus tetap percaya kepadanya. Yakinlah bahwa dalam suatu pertemanan tidak selamanya berjalan mulus, oleh sebab itu kita harus tetap percaya bahwa diantara kita dapat menjaga hubungan agar tetap harmonis.

Berbicara dan Berkomunikasi dari hati kehati

Masalah itu timbul pada asalnya dari sebab misscomunikasi atau salah komunikasi yang diakibatkan pembicaraan atau komunikasi yang tidak dimengerti oleh seseorang atau sahabat. Ketika masalah itu terlanjur terjadi solusi utama menyelesaikannya adalah dengan cara berbicara dari hati ke hati, dengan cara itu teman atau sahabat kita akan mengerti apa sebenarnya maksud dan tujuan kita.

Curahkan Isi Hati Kita Dengan Tepat
Dengan curhat yang benar, maka konflik itu setidaknya akan terbantu terselesaikan oleh pihak lain. Bila konflik itu terjadi seorang kepada seorang maka carilah sahabat ketiga yang dapat kita jadikan teman curhat, namun bila masalah terjadi bersama-sama kepada pihak lain maka curahkanlah isi hati semua teman kita apa sebenarnya yang dicari oleh semua orang tersebut. Tetapi hati-hatilah bila curhat itu tanpa aturan malah akan menjadi masalah baru yang akan menimbulkan konflik yang baru pula.

Mencari tempat dan Suasana yang Tepat untuk Menyelesaikan Konflik

Di dalam mengatasi pertentangan dan konflik yang sedang kamu hadapi, perlu diselesaikan dengan melakukan pembicaraan dan dalam membicarakannya perlu diperhatikan lingkungan apakah mendukung untuk kamu dapat membicarakannya.

Mengenang Hal-Hal Indah yang pernah kamu alami dengan temanmu tersebut

Memberi Maaf
Hal-hal yang paling penting adalah memberi maaf pada teman / sahabat kamu yang sedang bermasalah dengan kamu, sehingga ketika kamu saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi.

Melakukan Introspeksi terhadap Diri
Emosi terkadang mengedepankan nafsu semata,. Dalam mengatasi konflik dalam persahabatan tidak boleh langsung menyalahkan teman kamu yang menyebabkan konflik terjadi tersebut tetapi usahakan bahwa kamu juga bisa mengoreksi diri siapa tahu kamu yang salah.

Menjalin Komunikasi yang baik dengan cara berbicara yang sopan dan tidak kasar, agar dimengerti dan tersampaikan keinginan masing-masing.

Itulah diantara cara mengatasi konflik dalam bersahabat, walau bertengkar mempunyai konflik dengan teman adalah hal yang wajar terjadi tetapi yang paling penting adalah bagaimana kamu secara dewasa dapat menyelesaikannya dengan baik. Salam Persahabatan …

| Tips cara mengatasi dan menyelesaikan konflik dengan teman dalam bersahabat