Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Menu Sehat Makanan untuk Buka Puasa

Agar selama shaum yang kita jalani bermakna maka diperlukan tips dan cara bagaimana agar tubuh kita sehat dan tetap bugar. Untuk itu diperlukan daftar makanan menu untuk berbuka puasa, tentunya tidak lupa pula menu untuk ta'jil (makanan pembatal puasa) yang disunnahkan yaitu dengan air atau kurma.

Penelitian para dokter telah menyimpulkan bahwa shaum itu cara yang paling efektif untuk menetralisir atau membersihkan dari toksin (zat racun) yang ada dalam tubuh manusia. Inilah barangkali mengapa Islam mewajibkan ibadah shaum ini bagi kaum mukminin, sebab puasa itu begitu pentingnya untuk kesehatan manusia.

Berbuka puasa atau shaum janganlah asal-asalan, yang penting kenyang dan dahaga hilang begitu saja. Bagi yang ingin puasa nya berkualitas dan berarti untuk kesehatan maka diperlukan tips atau cara berbuka puasa. Naah di bawah ini ditulis bebereapa menu sehat untuk buka puasa, diantaranya:

1. Berbuka dengan Sayuran
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, seledri, kubis dan chard adalah bahan makanan yang tepat untuk dimakan setelah berpuasa. Makanan-makanan ini sangat mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi-sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita. Lebih baik lagi seandainya kita memakannya mentah sebagai lalapan.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik, dan juga mudah dicerna. Biji bunga matahari, biji waloh alias labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa. Selain itu, biji-bijian dan kacang-kacangan ini juga bisa menjadi cemilan yang sehat.

3. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pir, apel, pisang, jeruk, delima, kiwi, melon dan anggur adalah buah-buahan yang baik dimakan setelah berpuasa. Buah-buahan ini sangat ringan di perut, mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah.

4. Beras merah

Setelah berpuasa, sangat baik bila kita bisa makan nasi dari beras merah. Beras merah berbeda dengan beras putih karena bagian kulit pada beras merah masih utuh. Para ahli gizi dan ahli diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.

5. Oat

Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

Itulah beberapa daftar makanan sehat untuk berbuka puasa nanti. Menu di atas tidaklah terlalu sulit untuk menemukan bahan-bahan makanan yang sehat, enak dan mengenyangkan untuk berbuka puasa.
Semoga barokah. Amin
Baca juga artikel menarik lainnya: Kumpulan kalimat kata mutiara selamat lebaran.

| tips menu makanan untuk buka puasa shaum