Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Tips Cara Belajar dan Menghafal Cepat Yang Baik

Pembaca Arena Sahabat, postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menghafal dan belajar yang baik, efektif dan juga menyenangkan. Sudah seharusnya bagi kita sebagai manusia yang selalu ingin ada perubahan dalam kehidupan merubah dan terus meningkatkan gairah belajar kita. Belajar merupakan satu-satunya cara menuju sampainya kepada cita-cita yang kita harapkan.

Seorang pelajar atau pembelajar sejati memiliki jiwa dan mental yang giat dan selalu tekun dalam belajar. Selanjutnya bagaimana cara dan tips belajar yang baik efektif dan juga tepat untuk seorang pembelajar sejati?. Dan apa saja yang harus dilakukan agar hasil ideal belajar kita bisa optimal?.
Marilah kita simak artikel berikut tentang bagaimana tips cara belajar dan menghafal cepat :

Pertama : Belajarlah secara kelompok
Untuk menghindari rasa bosan dalam belajar lakukanlah belajar secara kelompok bareng teman. Belajar kelompok salah satu cara belajar yang baik dan efektif. Dengan belajar kelompok kegiatan belajar akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar. Tetapi ada juga waktu yang harus disediakan untuk belajar secara sendirian di tempat yang sepi, dan belajar secara berkelompok ini dilakukan pada saat-saat tertentu saja.

Kedua : Biasakan menulis inti dari buku atau pelajaran yang sedang dipelajari
Ketika mendapatkan pelajaran di manapun berada coba anda salin pada book note yang selalu anda bawa ke mana saja. Ketika membaca sebuah buku, selalu ada bagian-bagian yang penting. Nah bagian yang penting ini sebaiknya dibuat catatan di buku tersendiri. Bagi anda seorang pelajar cara belajar yang baik dengan merangkum bahan atau materi pelajaran juga sangat berguna saat menghadapi ujian.

Ketiga : Disiplin dan tekun dalam belajar dan menghafal pelajaran
Kunci ini (Disiplin dan Tekun) adalah sikap orang sukses. Sukses dalam belajar harus bisa merubah kualitas belajar agar lebih baik. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau di lakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar dalam waktu yang sangat lama pada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian saja.

Keempat : Bertanyalah bila belum faham materi pelajaran saat itu juga
Pertanyaan muncul ketika merespon pelajaran dan dianggap itu adalah menarik. Awalnya muncul dari otak bertanya-tanya kepada diri kita sendiri dan selanjutnya ditanyakan kepada orang yang dekat dengan kita.
Sebagai seorang pembelajar saat guru selesai membahas satu mata pelajaran biasanya bertanya pada murid muridnya. Apakah sudah jelas? Saat itu jangan ragu dan takut untuk bertanya kalau memang kurang paham atau kurang mengerti.

Kelima : Hindarilah sikap dan sifat tidak jujur
Siapa pun orangnya tidak menyukai sikap dan sifat tidak jujur. Sekarang ini banyak siswa membuat catatan untuk mencontek saat ada ulangan atau ujian. Dengan belajar dengan jadwal yang teratur seorang murid akan selalu siap jika ada ulangan dadakan dan tidak perlu mencontek. Bagaimana dengan tips cara belajar yang baik diatas mungkin masih belum bisa meningkatkan hasil belajar anda?

Keenam : Ciptakan suasana dan lingkungan belajar yang kondusif
Ruang dan tempat belajar juga sarana penunjang lain sangat menentukan kualitas dalam belajar seseorang. Seorang pembelajar harus bisa menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.

Ketujuh : Perhatikan dahulu inti materi dan garis besarnya sebelum membahas lebih jauh
Jika mulai mempelajari sesuatu dan atau membaca pelajaran yang dianggap baru, tidak harus langsung menceburkan diri kedalamnya. Kamu bisa lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Ketika membaca sebuah buku perhatikan dan lihat-lihatlah terlebih dahulu semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Jika membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.

Kedelapan : Buatlah ringkasan materi pelajaran dan dicatat pada buku catatan khusus pelajaran
Tips cara belajar dengan teknik meringkas intisari dari pelajaran. Kalau kamu meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran itu. Pada saat kamu menulisnya, kamu pasti membaca materinya lagi, bener kan? Itu akan membuatmu cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kamu berada. Tips Cara belajar yang baik bukan?

Kesembilan : Latihlah teknik kemampuan otak dalam mengingat pelajaran
Otak mempunyai daya tampung yang luar biasa untuk menyimpan apapun materi pelajaran atau pembelajaran. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengingat, diantaranya mengingat dengan cara mengingat materi hafalan dengan cara mengubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang mudah diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Walaupun kamu jika menghafal langsung dalam 1 minggu sudah lupa, dengan menggunakan mnemonics seperti ini kamu bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.

Demikian tips belajar yang baik dengan cara menghafal cepat, pastinya bagi yang melakukan tips dan cara di atas prestasi belajar akan meningkat dan kehidupan di masa datang akan berubah ke arah yang lebih baik. Semoga kita mendapat bimbingan dan arahan Allah SWT, aminn..
Terima kasih telah berkunjung dan berkenan membaca artikel ini.

| Tips cara-cara belajar dengan cepat dan menghafal yang baik