Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Cara Penyelesaian Masalah Konflik Persahabatan

Persahabatan bersama teman di sekeliling kita terkadang mengalami berbagai persoalan serta masalah, yang bahkan menimbulkan masalah dalam persahabatan. Konflik persahabatan tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena bila diabaikan bisa jadi menimbulkan pertikaian dan mungkin perkelahian.


Bagi siapa pun permusuhan tidak boleh terjadi, sebab itu akan berakibat kepada dampak perubahan sosial di tengah masyarakat. Tawuran antar pelajar ataupun pertikaian dua kubu pemuda itu salah satu contoh akibat dari membiarkan masalah persahabatan tidak segera diselesaikan.

Pembahasan kali ini membicarakan bagaimana biasanya masalah konflik persahabatan dengan teman terjadi dan bagaimana penyelesaian konflik tersebut :

Permasalah persahabatan 1 :
Kita dikecewakan oleh teman / sahabat karena sering mengacuhkan kita, sebab dia memiliki teman baru dan bahkan bukan hanya tidak perhatian kepada kita, dia juga sering tidak menepati janji atau membatalkan janji secara tiba-tiba.

Penyelesaian konflik 1 :
Kita harus memaafkan terlebih dahulu perbuatan sahabat kita tersebut, walau itu memang tidak baik untuk dilakukan dalam hubungan persahabatan. Lalu langkah selanjutnya berikan kepada teman kita tersebut bahwa mengingkari janji dalam pertemanan itu dapat menimbulkan persoalan. Kemudian sebagai sahabat mintalah kepadanya untuk lebih bisa dipercaya.

Permasalah persahabatan 2:
Komunikasi bersama sahabat sudah jarang dilakukan karena ada persoalan yang tidak langsung dalam hubungan persahabatan.

Penyelesaian konflik 2 :
Terkadang, karena waktu dan jarak Anda dan sahabat Anda yang sangat sulit, disatukan, bisa menjadi penyebab kalian menjadi jarang berkomunikasi lagi. Sehingga, keakraban yang Anda dan sahabat Anda pernah miliki, hilang begitu saja. Seolah, Anda dan dirinya seperti orang baru bertemu yang nyaris tidak berbicara satu sama lain. Sebenarnya, hubungan itu seperti roda. Kadang berada diatas, dan kadang berada dibawah. Hal ini yang harus membuat kita menyadari apa yang sebenarnya membuat hubungan itu seperti itu. Jika memang sedang berada di bawah, cari penyelesainnya serta tidak cuek untuk mempertahankan persahabatan Anda. Jangan malu untuk mengungkapkan masalah Anda bersama sahabat Anda tersebut. Setidaknya, mulai jalinlah komunikasi terhadapnya.

Permasalah persahabatan 3 :
Anda memperkenalkan sahabat Anda kepada teman Anda lainnya. Pada suatu waktu, mereka membuat rencana bersama tanpa mengikutsertakan Anda di dalam rencana tersebut.

Penyelesaian konflik 3 :
Hal tersebut memang terdengar sangat jahat dan menyedihkan, seolah ada bagian yang direbut dari diri Anda oleh teman Anda sendiri. Apalagi keduanya sudah merasa sangat cocok. Yang harus Anda lakukan, Anda harus bisa tetap mempertahankan salah satu persahabatan Anda dari kedua sahabat Anda tersebut. Anda juga harus mengoreksi diri Anda karena jika Anda tidak diikutsertakan dalam rencana mereka, biasanya karena Anda memiliki masalah tertentu (yang membuat salah satu dari mereka tidak nyaman dengan keberadaan Anda). Jika masih belum bisa, tidak ada salahnya Anda mencari sahabat baru yang menerima Anda apa adanya.

Permasalah persahabatan 4 :
Sahabat Anda selalu memanfaatkan Anda untuk kepentingan dirinya sendiri. Malahan, beberapa kali, permintaan tolongnya membuat tugas-tugas Anda terganggu.

Penyelesaian konflik  4:
Seharusnya ia mengerti Anda. Untuk membuat ia mengerti bagaimana posisi Anda dan apa dampak permintaannya (yang sebenarnya sudah tertalu sering) terhadap Anda, Anda bisa dengan tegas membicarakan langsung kepada dirinya. Jika memang Anda mampu, ya tidak ada salahnya Anda membantu sebisa Anda (bukan semaksimal waktu Anda). Jika memang tidak bisa, Anda harus katakana tidak. Jika ia tidak mengerti juga, tanyakan pada diri Anda, apakah ia benar-benar sahabat Anda?

Permasalah persahabatan 5 :
Tiba-tiba, sahabat Anda memutuskan persahabatan terhadap Anda tanpa penjelasan apapun.

Penyelesaian konflik 5 :
Setelah memutuskan untuk tidak bersahabat lagi dengan sahabat lama Anda, ada baiknya Anda dan sahabat Anda tersebut membicarakan terlebih dahulu apa masalah yang membuat Anda memutuskan persahabatan Anda. Sehingga, satu sama lain saling mengerti alasan mengapa kalian tidak bisa bersama. Sayangnya, hal tersebut hampir tidak mungkin dilakukan ketika seseorang memutuskan tidak menjadikan sahabat lagi sahabat lamanya. Biasanya, saat kita akan menjelaskan masalah yang kita alami, sahabat lama kita akan dengan enggan mendengarnya (mungkin ia memiliki alasan tersendiri). Yang perlu Anda lakukan hanya ikhlaskan saja hal tersebut serta tidak dendam terhadap dirinya serta carilah sahabat baru yang bisa lebih cocok dengan Anda.

Demikian penyebab renggangnya persahabatan serta tips cara penanganan konflik dalam hubungan persahabatan agar tidak terjadi permusuhan atau bahkan pertikaian bersama teman / sahabat.

| cara penyelesaian masalah persahabatan, pertikaian persoalan, konflik pertemanan, hubungan teman, penyebab renggang, tips penanganan