Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Dampak Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Pendidikan di Indonesia

Dampak Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Pendidikan di Indonesia...

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan selain merencanakan wajib belajar 12 tahun, juga menerapkan kurikulum baru yang kini telah diuji ke publik dan akan diberlakukan serentak di tahun ajaran mendatang. Kurikulum 2013 memperkuat sisi sikap dan sisi pengetahuan. Kurikulum ini menggunakan scintific approach, yaitu dengan mengutamakan kemampuan bertanya dan nalar menjadi proses penting. Sedangkan untuk objek pengamatannya adalah fenomena alam dan fenomena sosial.

Dampak positif pihak yang mendukung adalah kurikulum baru 2013 ini memadatkan pelajaran sehingga tidak membebani siswa, siswa lebih fokus pada tantangan masa depan bangsa, dan tidak memberatkan guru dalam menyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Sedangkan dampak negatif kurikulum 2013 ini justru kurang fokus karena menggabungkan mata pelajaran IPA dengan Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Ini terlalu ideal karena tidak mempertimbangkan kemampuan guru serta tidak dilakukan uji coba dulu di sejumlah sekolah sebelum diterapkan. Selain itu dalam perubahan kurikulum dengan langkah pemerintah yang tergesa-gesa ini, harusnya tidak memberatkan dan meresahkan masyarakat terkait implementasi di lapangan nanti.

Kurikulum 2013 ini masih dapat berjalan dan hanya sesuai untuk anak-anak yang berasal dari golongan menengah ke atas saja, karena sebenarnya juga sudah diterapkan di sekolah internasional yang ada di Indonesia. Tapi tidak sebaliknya, karena kurikulum baru 2013 sulit dikembangkan pada sekolah yang ada di seluruh Indonesia, di pelosok-pelosok misalnya.

Suara otonomi pendidikan yang ditelorkan melalui kurikulum 2006 lalu hanyalah setengah hati. Bukan saja bentuk evaluasi akhir siswa yang dilakukan serentak, tersentralisasi dengan standarisasi nasional. Suara setengah hati ini juga semakin terbukti dengan akan ditenggelamkannya kurikulum yang dikenal dengan singkatan KTSP. Walaupun perencanaan kurikulum 2013 akan dilakukan secara menyeluruh pada tahun mendatang. Tetap saja kebingungan dengan kurikulum lama yang disemaikan dengan berbagai pola belumlah usai.

Jika membaca napak tilas kurikulum pendidikan di Indonesia, memang sangat jelas terkesan kurangnya evaluasi yang menyeluruh. Selain itu, juga menunjukkan adanya arah kebijakan yang tidak terencana dengan maksimal. Akhirnya para guru menjadi korban kebijakan yang parsial. Atau memang ada kepentingan lain dibalik fenomena perubahan kurikulum yang terjadi sekarang ini??..

Demikianlah barangkali yang mungkin akan terjadi, ini hanyalah praduga dari Dampak Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Pendidikan di Indonesia. Kita hanya berharap yang terbaik untuk mutu pendidikan bangsa Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.


| Dampak Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Pendidikan di Indonesia