Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Pergaulan Dan Persahabatan Dalam Pandangan Ajaran Islam

Pergaulan Dan Persahabatan Dalam Pandangan Ajaran Islam...
Ajaran Islam mengatur segala aspek kehidupan termasuk dalam hal pergaulan dan persahabatan. Sebagai manusia yang beretika dan beragama tentunya aturan tatakrama dalam hal pertemanan itu harus mengacu pada ajaran yang telah disyari'atkan oleh Alloh SWT melalui Rasul dan utusannya. Banyak kasus yang terjadi ketidakharmonisan dan juga perpecahan diakibatkan mengabaikan prinsip-prinsip pergaulan yang telah ditentukan agama itu sendiri.

Saling mengerti dan saling memahami telah menjadi tips bersama untuk menjaga pergaulan kebersamaan bersama teman maupun sahabat. Namun ada lagi faktor lain yang semestinya kita sadari bersama yakni bahwa setiap manusia memiliki karakter dan sifat yang berbeda sehingga idealisme, visi dan misi seringkali tidak sejalan saat menghadapi suatu problem atau masalah bersama.

Kasus pertengkaran bersama teman atau sahabat di lingkungan kita sendiri sangat banyak, dari permasalahan sederhana sampai urusan prinisip akidah. Padahal persahabatan dan pergaulan sudah semestinya dijaga dalam prinsip ber ukhuwah Islamiyah. Oleh karenanya siapapun semestinya mengetahui bagaimana sesungguhnya pergaulan dan persahabatan dalam ajaran Islam.

Hadits Nabi menjelaskan betapa pentingnya persahabatan dalam pandangan agama Islam. Rasul SAW bersabda :
“Maukah aku tunjukkan pada kalian tentang sesuatu yang derajatnya lebih utama daripada Sholat, Shaum, dan Sedekah?”. Para sahabat pun menjawab: ‘Mau, wahai Rasulullah!’. Rasululloh Saw kemudian menjawab: “Perbaiki pergaulan, karena rusaknya hubungan baik berarti mencukur, aku tidak mengatakan mencukur rambut, tapi mencukur AGAMA”. (HR At-Tirmidzi)
Dalam beberapa hadits juga ditegaskan oleh Rasulullah SAW yang merupakan dalil pentingnya menjaga pergaulan dan persahabatan. Nabi bersabda :
“Bahwa nanti di hari kiamat Allah SWT akan berseru, ‘Di mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini akan Aku lindungi mereka dalam lindungan-Ku, pada hari yang tidak ada perlindungan, kecuali perlindungan-Ku.” (HR. Muslim)
Oleh karenanya saking pentingnya menjaga persahabatan dan pergaulan Rasul berpesan pada haditsnya :
“Jangan sepelekan kebaikan sekecil apapun, meski hanya dengan menjumpai saudaramu dengan wajah berseri-seri.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).
Cara melihat orang baik dalam hal agama, maka dijelaskan lagi oleh Rasululloh melalui sabdanya :
“Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa temannya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).
Seorang ulama bernama Al-Hasan Al-Bashri berkata tentang persahabatan :
“Perbanyaklah Sahabat-sahabat mu'minmu, karena mereka memiliki Syafa'at pada hari kiamat”.
Pendapat Imam syafi'i tentang perkara persahabatan dan permusuhan menegaskan :
“Jika engkau punya teman - yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah- maka peganglah erat-erat dia, jangan pernah kau lepaskannya. Karna mencari teman -baik- itu susah, tetapi melepaskannya sangat mudah sekali” 

Demikian dalil-dalil agama bersumber dari perkataan hadits Rasululloh dan pendapat para ulama mengenai urgensi pentingnya pergaulan dan persahabatan dalam pandangan ajaran Islam. Selanjutnya silahkan baca penjelasan selanjutnya tentang kriteria sahabat sejati pada situs arena sahabat ini. Semoga menjadi ilmu untuk kita semuanya.

| Kriteria Teman Dalam Pandangan Ajaran Islam