Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Sejarah Pertama Kali Kopi Dinikmati Hingga Ke Indonesia

Sejarah Pertama Kali Kopi Dinikmati Hingga Ke Indonesia...

Referensi wikipedia mencatat bahwa kopi pertama kali muncul di tahun 900 masehi atau pada abad ke 9. Dataran pegunungan Ethiopia konon katanya sejarah dimulainya dipetik biji kopi yang dipercaya memiliki khasiat "pemberi kekuatan" si pengkonsumsinya. Hingga para petani di daerah tinggi tersebut mulai menanam secara besar-besaran karena dapat dijual ke pasaran.

Awal mula biji kopi dipetik buahnya menurut sejarah legenda yang masyhur adalah ketika si Kaldi sang pengembala kambing memperhatikan keluakuan hewan peliharaannya yang suka makan beri-berian sejenis kopi ternyata lebih kuat daya tahan tubuhnya hingga kuat terjaga dengan stamina badan tetap fresh. Kemudian kepercayaan itu terus menyebar hingga para petani mulai ikut-ikutan memakan buah kopi tadi secara langsung dari pohonnya dianggap memiliki khasiat sebagai stimulan penambah stamina dan kekuatan.

Alilh-alih berita pertama kali biji kopi dinikmati sebagai minuman sehat yang berkhasiat menguatkan tubuh sebagai candu positif katanya dipelopori oleh para kaum sufi yang senantiasa di malam hari begadang mendekatkan diri kepada Alloh. Minuman kopi yang diseduh dan dinikmati itu diberi nama dalam bahasa Arab "Qohwah" artinya minuman kekuatan.

Minuman kopi pada mulanya disajikan secara sangat tradisional cuma dibakar dan ditumbuk saja. Seiring banyaknya pedagang yang sering berkunjung dari suatu tempat ke tempat lain lalu sampailah biji kopi itu dari Afrika hingga ke belahan Arab. Di sinilah kopi itu kemudian cara penyajiannya berbeda menggunakan metode canggih.

Kisah mengenai sejarah Perkembangan Kopi di Dunia tidak berhenti sampai di sana. Komoditas petani kopi yang menanam hingga memanennya tercatat di abad ke 15 dan 16 hingga menjadi bisnis pertanian dan perdagangan yang menggiurkan. Penjualan biji kopi hasil pertanian dari Ethiopia dan Afrika itu sampai dijual ke Turki, Syiria dan Mesir. Seiring waktu berlalu bermunculan pula negara berpenduduk Islam lainnya seperti negara Yaman yang membuat perkebunan kopi besar-besaran karena melihat potensi bisnis penjualan yang begitu menjanjikan hingga dijual ke benua Eropa.

Disepakati sejarah bahwa kopi pertama kali populer ditemukan dan berkembang di negara yang berpenduduk muslim. Tak heran nama kopi itu sendiri dari akar kata qohwah dari quwatun yang berarti kuat. Efek kuat ini sebagai pengalihan dari minuman yang dilarang yaitu (khomer) minuman yang memabukan. Orang-orang Islam pada waktu itu mungkin saja membuat alternatif menikmati minuman halal tetapi tidak memberi efek mabuk dengan solusi minum kopi.

Budidaya tanaman kopi setelah tahun 1600 an benihnya dibawa sampai ke India oleh pelancong yang datang ke tanah Arab. Ternyata biji kopi itu dapat tumbuh dimanapun dengan rasa dan aroma tergantung hara keasaman tanah dimana pohon itu ditanam. Saat itu mulailah negara-negara di Asia Timur Jauh menanam dan membudidayakan kopi untuk dipanen buahnya dan kemudian dinikmati dan selebihnya dijual karena laku di pasaran.

Awal Mula Sampai Ke Eropa dan Indonesia
Tahun 1615 an kedai kopi di Eropa mulai ada. Asalnya biji kopi di eropa Itali Venezia diimpor dari Turki. Namun penanaman di Eropa tercatat di tahun berikutnya hingga meluas sampai Inggris tahun itu sudah ada banyak kedai kopi di kota Oxford sebagai minuman kenikmatan.

Kopi sampai ke Indonesia di tahun 1690 yang ketika itu sebagai negara jajahan kolonial Belanda. Hal yang mengagumkan hingga kini hasil buah biji kopi nusantara ternyata memiliki cita rasa tersendiri karena kultur tanah dan zat hara di pegunungan Indonesia menghasilkan Kopi Arabica yang sangat berbeda.

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai hikayat singkat riwayat kopi tersebar ke seluruh dunia. Poin utamanya penemu kopi orang muslim / Islam sebagai minuman pada awalnya untuk kesehatan, namun kini banyak yang minum kopi bukannya malah kuat namun menjadi sakit, mungkin karena cara pembakaran, penggilingan dan penyeduhan yang sudah berbeda. Kopi itu digiling bukan digunting atau sachetan, karena yang dibungkus dan dikemas itu unsur kopinya banyak hilang karena pengawet dan campuran tambahan kimia lainnya.
Info tentang pelatihan barista penyajian kopi profesional silahkan hubungi : Ahsan Hp. 085222217423.

Mari kita kembalikan cara menyajikan kopi seperti pada awal kopi ditemukan. Ayo ngopi kuat, mari ngopi sehat.


| Sejarah Pertama Kali Kopi Dinikmati Hingga Ke Indonesia