Situs persahabatan remaja sharing artikel kamus gaul kalimat bijak kata mutiara persahabatan, kumpulan inspirasi motivasi

Khasiat Mengkonsumsi Minum Kopi Untuk Kesehatan

Khasiat Mengkonsumsi Minum Kopi Untuk Kesehatan...
Ada khasiat dan manfaat yang luar biasa bila kita dapat mengkonsumsi atau meminum kopi setiap hari dengan cara minum dan sajian yang benar. Seorang pakar nutrisi dunia dr. Jansen Ongko, MSc, RD berpendapat apabila secangkir kopi diminum secara cukup setiap harinya dan dikonsumsi tidak berlebihan serta tidak disertakan campuran bahan lain, sesungguhnya manfaat kopi dapat memberikan berbagai macam efek dampak positif untuk kesehatan kita.

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya kopi memberikan khasiat untuk kesehatan dan tubuh manusia. Paling dapat dirasakan tentunya meningkatkan energi, konsentrasi, stamina dan lebih lenjut bagi tubuh dapat membatu membakar lemak lebih banyak.

Kopi yang ditulis coffee berwarna hitam itu diminati banyak orang terutama para laki-laki. Mereka meminum air keruh itu pada awalnya hanya semata untuk kenikmatan saja, seiring dengan itu bila kopi yang dinikmati itu benar-benar kopi murni asli tanpa ada bahan campuran memiliki efek samping positif untuk kesehatan

Berikut ini uraian penjelasan tentang khasiat meminum kopi untuk kesehatan berdasarkan riset dan kajian penelitian ilmiah para ilmuwan :

1. Kopi dapat Menyehatkan Usus
Riset terhadap 165.000 orang Belanda yang dilakukan Dr. Cisca Wijmenga dan timnya dari University of Groningen menemukan apapun yang dimakan seseorang akan berdampak langsung terhadap keragaman mikrobiosme dalam ususnya. Menariknya, makin imbang pola makannya, maka makin beragam bakteri dalam ususnya dan hal ini merupakan pertanda baik.

Dari 60 jenis makanan yang mempengaruhi keberagaman ini, teh dan kopi merupakan dua dari sekian banyak jenis asupan yang bisa membantu menjaga keseimbangan usus, disamping yogurt dan wine (anggur).

2. Minum Kopi dapat menurunkan Resiko Kanker Usus
Dari hasil penelitian yang dilakukan Dr Gad Rennert, Direktur Clalit National Israeli Cancer Control Center, Haifa, Israel, mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi sehari dikaitkan dengan penurunan resiko kanker usus besar sebanyak 26%. Bahkan makin banyak kopi yang diminum, makin besar resiko yang dikurangi.

Penurunan resiko sebesar 50 persen berlaku bagi mereka yang meminum lebih dari 2,5 cangkir sehari. Namun, Rennert mengaku belum dapat menjelaskan mekanisme seperti apa yang membuat kopi mampu memberikan perlindungan dari kanker usus besar. Dia menduga bukan kafeinnya, tapi antioksidan pada kopi yang dilepaskan saat proses roasting.

Menanggapi itu, Susan Gapstur dari AmericanCancer Society mengingatkan minum kopi tidak serta-merta menurunkan resiko kanker usus besar pada diri seseorang. Jadi minum kopi boleh saja, asal jangan kebanyakan.

3. Mengkonsumsi kopi dapat menurunkan Resiko Kanker Prostat
Penelitian di Tongji University Hospital, Shanghai, menyebut asupan kopi sebanyak 2 cangkir per hari bisa menurunkan resiko kanker prostat sebesar 2,5 persen. Kalaupun terkena kanker prostat, resiko kematian berkurang 24 persen dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Diyakini, efek tersebut berkaitan dengan kandungan senyawa-senyawa antiradang dalam kopi yakni cafestol dan kahweol. Keduanya disebutkan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Tapi jika hendak merencanakan kehamilan, sebaiknya konsumsi 2 cangkir kopi tidak dilakukan karena ditengarai bisa meningkatkan resiko keguguran.

4. Air kopi menurunkan Resiko Multiple Schlerosis
Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal peer-reviewed, yakni Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry edisi 3 Maret 2015 mengungkap orang-orang yang rajin minum kopi lebih terlindungi dari resiko multiple schlerosis (MS). Hubungan sebab akibat dalam temuan tersebut belum benar-benar terkonfirmasi. Namun diyakini, kandungan kafein punya efek protektif atau perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang.

5. Kopi Mencegah Tulang Keropos
Penelitian yang dilakukan Seoul National University Hospital mengungkap bahwa mengonsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi resiko osteoporosis secara signifikan, utamanya pada perempuan. Namun peneliti mengingatkan bila dikonsumsi secara berlebihan, kopi malah dapat menghilangkan zat-zat penting dalam tubuh seperti kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

6. Secangkir kopi dapat Meningkatkan Energi
Mekanisme kerja kafein adalah tubuh menjadi tidak mengantuk, perasaan segar, sedikit gembira, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
Kafein juga meningkatkan hormon adrenalin dalam darah yang merupakan hormon yang dirancang untuk membuat tubuh siap beraktivitas fisik yang intens.

7. Kopi dapat memicu meningkatkan daya Memori dan Konsentrasi
Setelah meminum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Kopi kemudian meningkatkan berbagai aspek dari fungsi umum kognitif. Sebuah studi yang dipresentasikan pada Radiological Society of North Amerika tahun 2005 menyimpulkan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.

8. Meminum kopi dapat menurunkan Resiko Diabetes tipe 2
Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk terserang diabetes tipe 2. Dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry 2012 menjelaskan bahwa efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi HIAPP (Human islet amyloid polypeptide), polipeptida yang dapat menghasilkan protein abnormal, yang ditemukan pada pengidap diabetes tipe 2. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik ini juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan glukosa ke dalam sel).

Penelitian yang dipublikasi pada Journal of the American Medical Association tahun 2004 juga menyatakan bahwa mengonsumsi segelas kopi setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa kandungan kafein, asam kafeik dan asam klorogenik pada kopi turut mencegah pembentukan racun HIAPP, serta melindungi sel pankreas pembentuk insulin. Hal ini lah yang menyebabkan konsumsi kopi secara rutin dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

9. Kopi dapat menjadi obat melawan Depresi
Dalam studi Harvard tahun 2011 menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap harinya memiliki risiko 15% lebih rendah mengalami depresi.

10. Kopi merupakan Sumber Antioksidan
Penelitian yang dipublikasi dalam Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention menyatakan bahwa kopi mengandung sejumlah antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif. Bukan hanya itu, kopi juga memiliki manfaat apabila dikonsumsi sebelum olahraga lho.

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam dalam Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak sebesar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga. Dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 mg kafein per kg berat badan, sehingga seseorang dengan berat badan 68 kg, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein untuk memperoleh efek tersebut.

Begitulah sahabat, ternyata memang minum kopi itu banyak manfaatnya ya buat kita semua. Jadi, jangan ragu untuk minum kopi lagi, minum kopinya yang kopi murni ya, tanpa campuran apapun. Meskipun banyak manfaatnya tetapi jika dikonsumsi dengan berlebihan akan berakibat buruk juga lho buat diri kita, bukannya yang berlebihan itu memang tidak baik ya?
Salam sahabat kopi nusanatara dari Balarea Coffee Roastery and Cafe Indonesia. www.balareakopi.net.

| Khasiat Mengkonsumsi Minum Kopi Untuk Kesehatan